Nama :
Runy Afina Putri
Kelas :
4KA12
NPM :
16111498
Tugas :
Pengantar Telematika
1.
Jelaskan bagaimana cara pengamanan layanan
telematika dilihat dari aspek jaringan komputernya baik yang menggunakan kabel
maupun tanpa kabel (wireless)!
Layanan Telematika (Telematics Service) adalah layanan dial-up ke jaringan
internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi
untuk mengirimkan data
Layanan
Telematika digunakan dalam beberapa bidang, 4 diantaranya adalah:
a.
Layanan Telematika di Informasi (information Service)
Layanan
informasi adalah penyampaian berbagai informasi kepada sasaran layanan agar
individu dapat memanfaatkan informasi demi kepentingan hidup dan
perkembangannya. Informasi dapat disajikan dalam berbagai format seperti: teks,
gambar, audio, maupun video. Beberapa contoh dari layanan informasi adalah :
- M – Commerce.
- GPS
- News and weather
- Stock Information,
- Telematik Terminal
- Jasa pelayanan internet
- Informasi lalu lintas terbaru
- Layanan Keamanan.
b. Layanan
keamanan.
Layanan Keamanan
adalah suatu yang sangat penting untuk menjaga agar suatu data dalam jaringan
tidak mudah terhapus atau hilang. Contoh: Emergency Rescue with 911, Car
Location Tracing (Thief-proof)
Peningkatan
keamanan jaringan ini dapat dilakukan terhadap :
1.
Rahasia (privacy)
Dengan banyak pemakai yang tidak dikenal pada jaringan menyebabkan
penyembunyian data yang sensitif menjadi sulit.
2.
Keterpaduan data (data integrity)
Karena banyak node dan pemakai berpotensi untuk
mengakses sistem komputasi, resiko korupsi data adalah lebih tinggi.
3.
Keaslian (authenticity)
Hal ini sulit untuk memastikan identitas pemakai pada
system remote, akibatnya satu host mungkin tidak mempercayai keaslian seorang
pemakai yang dijalankan oleh host lain.
4.
Convert Channel
Jaringan menawarkan banyak kemungkinan untuk
konstruksi convert channel untuk aliran data, karena begitu banyak data yang
sedang ditransmit guna menyembunyikan pesan.
Keamanan dapat didefinisikan sebagai berikut :
1.
Integrity
Mensyaratkan bahwa informasi hanya dapat diubah oleh pihak yang memiliki wewenang
Mensyaratkan bahwa informasi hanya dapat diubah oleh pihak yang memiliki wewenang
2.
Confidentiality
Mensyaratkan bahwa informasi (data) hanya bisa diakses
oleh pihak yang memiliki wewenang.
3.
Authentication
Mensyaratkan bahwa pengirim suatu informasi dapat
diidentifikasi dengan benar dan ada jaminan bahwa identitas yang didapat tidak
palsu.
4.
Availability
Mensyaratkan bahwa informasi tersedia untuk pihak yang
memiliki wewenang ketika dibutuhkan.
5.
Nonrepudiation
Mensyaratkan bahwa baik pengirim maupun penerima
informasi tidak dapat menyangkal pengiriman dan penerimaan pesan.
c.
Layanan Context – Aware – Event Base.
Context
Aware atau context-awareness mengacu kepada kemampuan layanan network untuk
mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari
pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta memberikan layanan yang
sesuai dengan parameter-parameter itu. Contoh: Vehicle Diagnostic Service, Car
Insurance based on driving statistic.
Tiga hal yang menjadi perhatian sistem
context-aware menurut Albrecht Schmidt, yaitu:
1.
The acquisition of context
Hal ini berkaitan dengan pemilihan
konteks dan bagaimana cara memperoleh konteks yang diinginkan, sebagai contoh :
pemilihan konteks lokasi, dengan penggunaan suatu sensor lokasi tertentu
(misalnya: GPS) untuk melihat situasi atau posisi suatu lokasi tersebut.
2.
The abstraction and understanding of context
Pemahaman terhadap bagaimana cara
konteks yang dipilih berhubungan dengan kondisi nyata, bagaimana informasi yang
dimiliki suatu konteks dapat membantu meningkatkan kinerja aplikasi, dan
bagaimana tanggapan sistem dan cara kerja terhadap inputan dalam suatu konteks.
3.
Application behaviour based on the recognized context
Terakhir, dua hal yang paling
penting adalah bagaimana pengguna dapat memahami sistem dan tingkah lakunya
yang sesuai dengan konteks yang dimilikinya serta bagaimana caranya memberikan
kontrol penuh kepada pengguna terhadap sistem.
d.
Layanan Perbaikan Sumber
Layanan
perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya
manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang
berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola,
pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha,
lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umumnya. Konsep pengembangan sumber
daya manusia di bidang telematika ditujukan untuk meningkatkan kualitas,
kuantitas dan pendayagunaan SDM telematika dengan tujuan untuk mengatasi
kesenjangan digital, kesenjangan informasi dan meningkatkan kemandirian
masyarakat dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif
dan optimal. Contoh: Yellow Pages Service.
2.
Jelaskan
motif-motif gangguan yang terjadi pada layanan telematika!
a.
Interruption
Suatu aset dari suatu sistem diserang sehingga menjadi
tidak tersedia atau tidak dapat dipakai oleh yang berwenang. Contohnya adalah
perusakan/modifikasi terhadap piranti keras atau saluran jaringan.
b.
Interception
Suatu pihak yang tidak berwenang mendapatkan akses
pada suatu aset. Pihak yang dimaksud bisa berupa orang, program, atau sistem
yang lain. Contohnya adalah penyadapan terhadap data dalam suatu jaringan.
c.
Modification
Suatu pihak yang tidak berwenang dapat melakukan
perubahan terhadap suatu aset. Contohnya adalah perubahan nilai pada file data,
modifikasi program sehingga berjalan dengan tidak semestinya, dan modifikasi
pesan yang sedang ditransmisikan dalam jaringan.
d.
Fabrication
Suatu pihak yang tidak berwenang menyisipkan objek
palsu ke dalam sistem. Contohnya adalah pengiriman pesan palsu kepada orang
lain.
3.
Jelaskan
satu contoh metode pengamanan terhadap layanan telematika!
Sebuah
metode browsing jaringan disediakan untuk browsing video atau audio data yang
di tembak oleh sebuah IP. Jaringan video atau audio metode
browsing sesuai mencangkup langkah-langkah dari:
a.
Menjalankan sebuah program splikasi komputetr local
untuk mendapatkan kode identifikasi yang disimpan dalam kamera IP.
b.
Transmisi untuk mendaftarkan kode identifikasi ke DDNS
(Dinamic Domain Name Server) oleh program aplikasi.
c.
Mendapatkakn kamera IP pribadi alamat dan alamat
server pribadi sehingga pasangan IO kamera dan control kamera IP melalui kamera
IP pribadi.
d.
Kopel ke layanan server melalui alamat server pribadi
sehina untuk mendapatkan video atau audio dara yang ditembak oleh kamera IP,
dimana server layanan menangkap video atau audio data yang ditembak oleh kamera
IP melalui Internet.
Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar